2.Jenis Tanaman AgribisnisBisnis sedang menjadi tren di kalangan masyarakat karena memiliki penghasilan yang tak terbatas serta bisa diteruskan pada generasi berikutnya. Sebuah usaha bisa dibuat melalui hobi yang sering dilakukan sehari-hari seperti membuka peluang usaha agribisnis dengan memanfaatkan lahan yang sempit sebagai media sehinnga bisa lebih menghemat biaya modal awal. Usaha agribisnis juga bisa dilakukan di rumah dengan perawatan yang mudah namun menguntungkan.

  1. Peluang Usaha Agribisnis yang Bisa Tumbuh Di Lahan Sempit

Terdapat beberapa rekomendasi usaha agribisnis yang bisa Anda coba di rumah meskipun lahan dimiliki sangat sempit antara lain:

        2. Usaha Kebun Vertikal

Salah satu cara untuk membuat peluang usaha agrobisnis di lahan sempit serta terbatas adalah dengan membangun kebun vertikal. Anda pasti cukup heran dan bertanya-tanya tentang apakah kebun vertikal itu. Seperti diambil dari namanya, kebun vertikal adalah sistem bertanam dimana tumbuhan dibuat menjulang ke atas atau berdiri tegak lurus dari bawah menuju atas. Sistem bertanam seperti ini merupakan media yang sangat cocok diaplikasikan pada lahan sempit yang terbatas namun ingin tetap memiliki usaha menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam benda sebagai media tanam seperti pemanfaatan botol bekas yang digantung bersusun dan diisi berbagai macam tumbuhan bermanfaat baik holtikultura ataupun apotek hidup. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media kayu bekas limbah mebel dan diisi tanah kemudian sandarkan pada dinding rumah dengan berbagai tumbuhan yang bermanfaat sehingga bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.

     3. Usaha Tanaman Merambat

Peluang usaha agribisnis pertanian yang lainnya adalah dengan membuka bisnis tanaman merambat. Media tanam rambat dinilai solusi cerdas bagi Anda yang ingin membuka usaha di bidang tanaman namun tidak memiliki cukup lahan yang besar sebagai tempat untuk bercocok tanam. Media rambat juga dinilai lebih mudah untuk dipetik atau dipanen. Pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan jenis minat serta hobi Anda. Selain itu, tempatkan juga tanaman rambat di lokasi yang terbuka sehingga sinar matahari bisa mengenainnya. Jika tanaman tidak terkena sinar matahari, maka pertumbuhannya akan terganggu. Selain tanaman yang bermanfaat, beberapa bunga juga bisa tumbuh di media rambat ini seperti anggrek yang bisa ditempelkan di dinding jadi Anda tidak perlu memiliki media lain seperti pot untuk menumbuhkannya.

     4. Budidaya Jamur Tiram

Jika Anda berpikir bahwa untuk memulai budidaya jamur diperlukan tempat khusus yang terbuat dari kayu atau bambu dengan suhu lembab, maka cobalah cara lain untuk menumbuhkan jamur. Apabila Anda memiliki suatu tempat yang cukup lembab seperti gudang ataupun di dekat kolam ikan, maka tempatkanlah beberapa log pada lokasi tersebut namun tertutup dari sinar matahari. Anda bisa menggunakan limbah kayu bekas untuk membuat sebuah kotak kayu yang akan digunakan sebagai tempat untuk meletakkan beberapa log jamur. Dikarenakan jamur akan tumbuh subur di tempat lembab, maka siramlah secara rutin sehingga jamur bisa tumbuh dengan subur.

      5. Usaha Bonsai

Bonsai juga merupakan salah satu bisnis tanaman hias yang menarik karena tidak membutuhkan lahan besar dan kuas serta bentuknya yang unik. Anda bisa membuka bisnis bonsai mini yang sering digunakan sebagai hadiah untuk seseorang yang spesial. Anda juga bisa meletakkan bonsai dimana saja karena perawatannya cukup mudah. Walaupun tergolong kecil, namun harga jual bonsai cukup mahal sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Semoga beberapa ide serta rekomendasi sistem tanam sebagai peluang usaha agribisnis bisa menajdi sebuah pilihan yang tepat bagi Anda yang memang memiliki minat dalam bercocok tanam sebagai hobi yang bisa menghasilkan keuntungan.