1.Berjualan Nasi BungkusTahukah Anda, Anda bisa membuat suatu usaha sampingan yang menguntungkan untuk karyawan tanpa harus meninggalkan kewajiban utama atau pekerjaan utama Anda. Banyaknya orang-orang yang bekerja setiap harinya dan tidak sempat untuk sarapan dirumah Usaha nasi bungkus untuk sarapan dinilai merupakan sebuah ide bisnis yang sederhana namun bisa menghasilkan omzet besar setiap bulannya.

Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dengan Bisnis Nasi Bungkus
Banyak karyawan yang tidak sempat untuk membuat sarapan sendiri sebelum melakukan aktivitas karena sempitnya waktu sehingga usaha nasi bungkus bisa bermanfaat bagi banyak orang. Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ini antara lain:

1. Rasa yang enak
Meskipun nasi bungkus adalah makanan sederhana yang bisa dijadikan sebagai pengisi perut sebelum melakukan aktivitas, namun rasa yang harus diberikan harus tetap enak dan sesuai dengan lidah masyarakat sehingga mereka bisa menajdi pelanggan tetap Anda dan terus memesan nasi bungkus setiap hari untuk sarapan. Semua bagian baik dari karbohidrat, lauk pauk, sayur serta sambal pendukung harus memiliki cita rasa yang enak dan cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari. Nasi haruslah pulen sehingga bisa dicerna dengan baik karena kebanyakan dari nasi ada dalam bungkusan biasanya memiliki tekstur keras sehingga banyak masyarakat yang tidak menyukainnya.
2. Kebersihan dan kesehatan
Nasi bungkus untuk sarapan memang sering dipilih oleh karyawan karena memiliki lauk lengkap serta praktis sehingga tidak perlu repot untuk memasak sendiri di rumah. Namun jika Anda ingin mengembangkan peluang usaha sampingan yang menjanjikan ini secara luas, maka Anda harus tetap menjaga kebersihan dari setiap prosesnya mulai dari pembuatan sampai dengan pengemasanya sehingga tidak memiliki efek buruk pada kesehatan seperti sakit perut ataupun gangguan pencernaan lainnya. Bahan-bahan yang dimasak pun harus dicuci dengan bersih, pemilihan bahan juga harus berkualitas dan masih segar sehingga masyarakat bisa percaya dengan produk yang Anda jual.
3. Menentukan harga
Bila Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dalam pembuatannya, maka tetapkan harga berdasarkan bahan baku serta proses produksinya. Apabila Anda merasa kebingungan untuk menentukan sebuah harga, maka cobalah untuk membeli ansi bungkus dari beberapa tempat lain di sekitar kantor Anda, kemudian buatlah perbandingan dari ukuran porsi, jenis makanan yang dijadikan sebagai lauk serta harga dari masing-masing produk sehingga Anda juga bisa menentukan harga yang sesuai namun memberikan keuntungan bagi Anda.
4. Etika dalam berbisnis
Setiap peluang usaha sampingan karyawan memiliki etika dalam berbisnis sehingga tidak merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Apabila Anda tidak bisa berjualan di dalam kantor, maka cobalah untuk menitipkannya pada kantin di dalam kantor ataupun kios-kios terdekat dengan kesepakatan harga sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan namun tidak merugikan pedagang lain yang juga berusaha. Selain itu Anda juga tidak boleh memaksakan kehendak orang lain bila mereka tidak ingin membelinya. Cobalah untuk bersikap profesional meskipun Anda hanya berjualan nasi bungkus.
5. Variasi menu
Supaya usaha Anda mengalami peningkatan yang signifikasn, maka ada baiknya untuk selalu membuat variasi menu serta lauk yang unik di dalamnya sehingga konsumen tidak merasa jenuh dengan variasi menu yang stagnan. Ada baiknya juga untuk memberikan kesempatan pada pelanggan untuk request makanan favoritnya sehingga bisa dijadikan sebuah masukan yang baik serta diaplikasikan pada menu makanan Anda. Buatlah variasi namun tetap memperhatikan komposisi seimbang baik dari karbohidrat, protein, lemak, serta sayurannya sehingga nasi bungkus tidak hanya menjadi makanan pengganjal perut namun energi utama untuk mempersiapkan diri dalam bekerja.

Dengan beberapa tips dalam menjalankan bisnis nasi bungkus untuk sarapan karyawan, diharapkan peluang usaha sampingan ini memiliki prospek yang baik sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi Anda sebagai karyawan.