iklanBila selama ini Anda hanya menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari informasi, melakukan transaksi, atau bersosial media, sekarang saatnya untuk memperluas pandangan Anda karena internet juga bisa menjadi modal untuk menambah penghasilan Anda. Sesungguhnya banyak alternatif yang bisa Anda pilih untuk memperoleh uang dari internet seperti membuka toko online, ikut serta dalam bisnis online affiliate marketing, menjadi reseller atau dropshipper, hingga menjadi blogger dan vlogger. Yang akan diulas lebih jauh pada artikel ini adalah usaha bisnis online periklanan yang juga banyak diminati karena bisa menghasilkan profit yang besar.

Tentang usaha bisnis online periklanan

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar tentang bisnis ini dan mungkin masih belum mempunyai gambaran, mungkin sedikit bingung dengan peluang usaha bisnis online periklanan ini. Yang dimaksud dengan bisnis online yang berkaitan dengan periklanan misalnya adalah menjadi publisher pada Google Adsense atau bidang periklanan secara online yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Pada kenyataannya perusahaan bekerja sama dengan ribuan atau mungkin jutaan pemilik usaha untuk melakukan promosi bisnisnya di internet. Anda bisa berpartisipasi pada bidang usaha ini dengan menyediakan situs-situs yang bermanfaat dan berkualitas sebagai sarana untuk menempatkan iklan tersebut. Profesi yang demikian disebut sebagai publisher dan Anda akan memperoleh penghasilan berupa komisi dari iklan yang dipasang pada situs milik Anda.

Merintis usaha bisnis online periklanan

Cara bisnis online periklanan Google Adsense ini adalah dengan membuat situs atau website dengan beragam tema. Anda bisa memulai dengan tema yang sesuai hobby Anda misalnya kuliner, fotografi, travelling, tips dan trik, dan lain sebagainya. Usahakan agar konten pada website milik Anda tersebut berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Rajinlah membuat artikel dengan isi yang bermanfaat dan sering diupdate. Hal ini akan membantu meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung website Anda. Bila jumlah pengunjung website Anda sudah tergolong mencukupi Anda bisa mendaftarkan situs Anda untuk menjadi publisher pada Google Adsense. Setelah itu perusahaan akan memilihkan iklan yang paling relevan dengan situs Anda. Inilah sebabnya sebaiknya Anda memiliki lebih dari sebuah situs. Inilah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebagai publisher pada Google Adsense.

  • Baca baik-baik kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan dan patuhilah agar situs Anda tidak dihapus dari indeks mesin pencari.
  • Gunakan keyword yang tepat dan relevan dalam penulisan artikel pada situs-situs milik Anda untuk mengupayakan agar situs tersebut tetap terindeks pada halaman utama mesin pencari. Logikanya orang-orang akan lebih mengutamakan untuk membuka situs yang terindeks pada halaman utama untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian peluang situs Anda dikunjungi oleh pengguna internet akan lebih besar bila situs tersebut direkomendasikan oleh mesin pencari pada halaman utama. Bila situs Anda memuat iklan dari Google Adsense, tentu saja akan lebih banyak pengunjung yang melihat iklan tersebut.
  • Dalam “memelihara” situs atau blog Anda tetap mendapat traffic yang tinggi jangan sampai menggunakan cara-cara yang curang. Harap diingat bahwa perusahaan telah menempatkan beragam sistem untuk mendeteksi hal-hal semacam ini dan ancamannya adalah dihapusnya situs Anda dari mesin pencari atau banned.

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui bila ingin merintis usaha bisnis online periklanan. Sebenarnya selain melalui situs atau website, media lain yang juga efektif untuk pemasangan iklan adalah Youtube. Untuk berpartisipasi pada bisnis periklanan online melalui media Youtube Anda tidak membuat artikel untuk menarik pengguna internet agar mengunjungi website Anda, tetapi membuat video kreatif agar netizen mengunjungi akun Youtube Anda. Nah, selamat mencoba!