Print

Bila memberi kiriman rangkaian bunga untuk hari-hari istimewa termasuk mengirimkan bingkisan atau parsel di hari raya masih menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat, berarti prospek usaha merangkai bunga dan parsel tergolong masih cukup cerah. Bila Anda berdomisili di daerah perkotaan maka bisnis ini pada umumnya akan lebih cepat berkembang. Hal ini karena permintaan untuk karangan bunga biasanya lebih tinggi di kota-kota besar. momen-momen di mana usaha ini dibutuhkan adalah saat acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, serta hari raya.

Pasang surut usaha merangkai bunga dan parsel

Dalam semua jenis bisnis pasti dikenal istilah masa panen dan masa paceklik. Demikian pula dengan bisnis ini. Para pengusaha bunga dan parsel bisa memperoleh profit yang cukup lumayan terutama di momen-momen hari raya dan tahun baru (lebaran, natal, imlek, dan sebagainya). Karena bersifat musiman inilah maka orderan bisa pasang surut. Sementara untuk rangkaian bunga mungkin segmentasi pasarnya bisa lebih luas misalnya order bunga dekorasi untuk acara pernikahan, acara kantor, ucapan selamat atas dibukanya suatu bisnis baru atau institusi, serta yang lainnya.

Inilah jenis-jenis parsel yang banyak menjadi inspirasi bisnis para pengusaha.

  • Parsel untuk hari raya yang pada umumnya berisi makanan, minuman, barang pecah belah, hingga busana.
  • Parsel pernikahan atau sering disebut dengan seserahan pada umumnya dikirimkan dari pihak calon pengantin pria kepada wanita atau sebaliknya. Pada umumnya parsel ini berisi seperangkat busana, peralatan mandi, peralatan kecantikan, dan lain sebagainya tergantung selera pemesan.
  • Parsel ulang tahun pada umumnya berisi kue, bunga, serta suvenir.
  • Parsel untuk mengunjungi orang sakit yang biasanya berisi buah-buahan atau jus.

Tips memulai usaha merangkai bunga dan parsel

Inilah cara bisnis merangkai bunga dan parsel bagi Anda yang ingin merintis usaha pada bidang ini.

  1. Carilah supplier yang mampu memberikan harga dasar paling murah untuk bahan baku dengan kualitas terbaik yang dapat Anda tolerir. Bekerja sama langsung dengan petani bunga bisa menjadi alternatif yang paling baik. Hal yang sama bisa Anda lakukan untuk bisnis parsel Anda dan yang lebih penting perhatikan tanggal kadaluarsa produk yang hendak Anda kemas menjadi parsel yang cantik.
  2. Kuasai teknik merangkai bunga terutama yang tengah banyak disukai atau menjadi trend di masyarakat. Selain itu pelajari pula bagaimana cara mengemas parsel yang baik sehingga produk yang Anda hasilkan sedap dipandang mata. Anda bisa memperoleh keterampilan ini dari buku, internet, atau mengikuti kursus.
  3. Merangkai bunga dan mengemas parsel adalah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi serta jiwa seni. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena hal ini bisa dikuasai asalkan Anda tekun mempelajarinya. Bila tak ada ide sama sekali, Anda bisa melihat contoh-contoh rangkaian bunga atau kemasan parsel di internet kemudian membuat modifikasinya.

Dalam merintis atau menjalankan bisnis memang selalu ada kendala yang mungkin menjadi penghalang Anda, begitupun dalam bisnis usaha merangkai bunga dan parsel. Kendala yang sering menjadi tantangan bagi pebisnis adalah faktor musim yang membuat panen bunga tak memberikan hasil memuaskan, melemahnya nilai tukar rupiah sehingga bunga impor harus dibeli dengan harga lebih mahal, makanan yang telah mendekati masa kadaluarsa sementara parsel belum terjual, dan banyaknya pesaing dari usaha ini.

Meskipun demikian tetaplah tekun dalam berusaha dan mengembangkan usaha merangkai bunga dan parsel sebagaimana yang Anda cita-citakan. Terus kembangkan skill, berpikir positif, dan jangan lupa berdoa agar Anda diberikan kekuatan untuk mengupayakan kesuksesan Anda. Nah semoga bermanfaat!