mancing maniaDalam menjalankan aktifitas kita sehari-hari kita tentu sudah sangat sering mengalami tekanan dan stres sehingga sesekali membutuhkan kegiatan rekreasi yang bisa melepaskan beban tersebut dan membuat kita rileks kembali. Salah satu cara untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas harian adalah dengan memancing terutama bagi penghobbynya. Minat masyarakat akan olahraga memancing yang sekaligus merupakan kegiatan yang bersifat rekreasi ini memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tentu juga membuat usaha kolam pemancingan mempunyai peluang yang bagus.

Potensi usaha kolam pemancingan

Bagi para penghobby yang berniat untuk menjadikan hobbynya juga sebagai tambahan penghasilan bisnis usaha kolam pemancingan ini sesungguhnya sangat berpeluang untuk menjadi sumber keuntungan yang benar. Sayangnya banyak usaha kolam pemancingan yang hanya berupa kolam pancing serta papan nama tanpa ada sistem manajemen modern dan profesional.

Inilah sebabnya banyak jenis bisnis gulung tikar karena dikelola secara konvensional termasuk dalam usaha kolam pemancingan ini. Sesungguhnya usaha ini prospeknya bisa menjadi lebih cerah bila ditangani secara serius. Hal ini akan terlihat mulai dari papan nama yang dirancang serius dengan logo sehingga menunjukkan profesionalitas sebagai corporate identity, program branding yang berkesinambungan, marketing, dan sebagainya.

Target pasar yang bisa Anda  bidik dari usaha ini ada dua segmen, yaitu pertama pemancing yang hanya ingin bersantai bersama keluarga atau menganggap memancing sebagai sekedar kegiatan rekreatif. Kedua, adalah penghobby memancing yang mungkin sudah sampai tingkat mahir dan suka mengadu ketangkasannya dalam lomba termasuk meramu umpan sendiri untuk menarik ikan agar terjebak memakan umpan. Untuk jenis ikan yang sering disebarkan pada kolam pemancingan pada umumnya adalah ikan mas, patin, nila, bawal, lele, serta gurame.

Strategi promosi usaha kolam pemancingan

Untuk mempromosikan usaha yang Anda rintis Anda harus menggunakan sarana yang efektif misalnya televisi lokal atau media cetak. Agar peluang usaha kolam pemancingan yang Anda rintis semakin bermasa depan bagus dalam mempromosikan usaha tersebut jelaskan secara rinci. Hal ini termasuk gambaran denah lokasi agar konsumen yang tertarik bisa segera mendatangi  area dengan mudah. Selain melalui media cetak atau televisi, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media, baik Twitter, Instagram, atau Facebook.  Beberapa trik pemasaran yang bisa Anda terapkan juga adalah:

  • Memberikan harga spesial pada event-event tertentu termasuk saat grand opening.
  • Menggunakan teknik tarif paket yang lebih hemat sehingga lebih banyak konsumen yang tertarik.
  • Mengadakan berbagai event perlombaan dengan hadiah menarik bagi para pemancing profesional.

Selain memiliki referensi tentang teknik promosi untuk mengembangkan usaha rekreasi ini sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa kendala yang sering menjadi tantangan bagi pengusaha dalam bisnis terkait, antara lain adalah, cuaca buruk sehingga jumlah konsumen menurun daripada biasanya, ada kalanya Anda mengalami kesulitan dalam menyediakan pakan ikan karena kekacauan dalam distribusi, serta banyaknya kompetitor dari bisnis ini.

Tentang pesaing sesungguhnya dalam bidang bisnis apa pun yang Anda rintis tentu akan selalu ada. Untuk memenangkan kompetisi dalam merebut pasar Anda tentu harus sanggup memberikan produk atau layanan yang berbeda dan tentunya lebih unggul bila dibandingkan dengan tempat usaha yang lain. Bila menawarkan harga di bawah pebisnis lain adalah hal yang tak memungkinkan berarti Anda harus mampu memberikan layanan yang lebih baik untuk menarik hati konsumen. Dengan demikian rintisan usaha kolam pemancingan milik Anda akan sukses menjadi sumber penghasilan yang besar.

Nah, semoga menginspirasi Anda. Selamat mencoba!