Print

Print

Saat ini sudah semakin banyak jenis bisnis yang berkembang di masyarakat termasuk bisnis-bisnis kreatif yang dahulu mungkin tidak pernah atau jarang sekali ditemui. Hal ini tentu merupakan hal yang menggembirakan karena para pebisnis muda yang banyak mempunyai ide segar ini bisa turut berpartisipasi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat secara umum. Yang termasuk dalam jenis usaha kreatif ini adalah ide bisnis tempat penitipan serta perawatan binatang peliharaan.

Peluang dalam ide bisnis tempat penitipan

Hewan peliharaan sejak dahulu hingga sekarang memang mempunyai banyak penggemar terutama anak-anak. Apalagi saat ini sudah semakin banyak jenis hewan peliharaan yang ditawarkan selain anjing, kucing, dan ikan. Jenis-jenis hewan peliharaan terbaru yang juga berkaitan dengan trend semakin banyak diminati, seperti landa mini, burung hantu mini, teacup pig, bahkan hingga jenis hewan peliharaan yang sedikit ekstrim seperti ular piton, dan yang lainnya. Bisnis tempat penitipan binatang dapat dikatakan mempunyai peluang yang cukup bagus terutama di daerah perkotaan.

Di kota-kota besar memelihara hewan peliharaan baru yang lucu dan imut adalah bagian dari gaya hidup dan kadang hewan peliharaan bahkan telah dianggap sebagai anggota keluarga. Permasalahan setiap orang yang mempunyai hewan peliharaan adalah saat mereka harus bepergian sementara tak ada yang mengurus binatang peliharaan tersebut. Ini adalah peluang bisnis yang dapat Anda garap, yaitu membuka usaha penitipan hewan peliharaan. Pada hari-hari besar dan liburan seperti idul fitri, natal, atau yang lainnya, omset bisnis ini biasanya akan meningkat karena banyak orang yang melakukan perjalanan berlibur atau mengunjungi sanak famili untuk merayakan hari besar bersama-sama.

Merintis usaha ide bisnis tempat penitipan

Sebelum memulai bisnis ini cobalah lakukan terlebih dahulu apa yang disebut market mapping atau mengukur pasar Anda. Artinya kenalilah kompetitor Anda dengan mendata tempat-tempat usaha yang menjalankan bisnis serupa. Bila jumlah kompetitor Anda cukup banyak, berarti memang pasar pada bidang tersebut sedang tumbuh. Tetapi bila pesaing Anda tak terlalu banyak kabar gembiranya bagi Anda adalah kesempatan Anda untuk menjadi lebih besar akan terbuka lebih lebar. Inilah beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk merintis bisnis bisnis tempat penitipan dan perawatan binatang:

  • Carilah nama yang unik, lucu, dan berbeda yang membuat konsumen mudah mengingat tempat usaha Anda.
  • Selain membuka jasa penitipan hewan kembangkan usaha Anda dengan menyediakan produk-produk yang berkaitan dengan hewan seperti aksesoris, makanan, serta servis perawatan untuk hewan (grooming, vaksin, mandi, dan lain-lain). Untuk perawatan kesehatan hewan tentu Anda harus bekerja sama dengan dokter hewan yang kompeten.
  • Lakukan promosi tempat usaha Anda di media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Bila memungkinkan buatlah website tentang usaha Anda tersebut.
  • Berikan pelayanan ekstra untuk hewan yang dititipkan misalnya fasilitas grooming dengan harga diskon atau sejenisnya.
  • Pastikan bahwa pelanggan menyukai servis yang Anda sediakan sehingga tak ragu untuk menjadi klien setia Anda.

Bergabung dengan komunitas pecinta hewan bisa menjadi salah satu ajang untuk semakin mempopulerkan bisnis yang Anda rintis. Saat ini sudah sangat banyak berdiri komunitas semacam itu di berbagai kota di Indonesia. Berikan layanan khusus seperti diskon atau bonus bagi anggota komunitas yang menggunakan jasa dari tempat usaha Anda. Nah, jangan ragu untuk segera memulai merealisasikan ide bisnis tempat penitipan hewan ini.

Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda. Semoga sukses.