Print

Saat ini paradigma masyarakat mulai banyak berubah dalam memandang status dan kedudukan sosial. Bila dahulu mereka yang menjadi PNS atau bekerja di perusahaan swasta ternama dianggap sebagai orang yang sukses, saat ini sudut pandang masyarakat menjadi lebih luas sehingga orang yang menjadi enterpreneur juga dikatakan sukses bila usaha yang digeluti membawa hasil. Inilah sebabnya semakin banyak saja orang yang mempelajari keterampilan praktis yang diharapkan bisa menjadi jalan untuk memperoleh penghasila tambahan misalnya dengan merintis usaha kursus servis alat elektronika.

Potensi usaha kursus servis

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan pada bidang tersebut hal ini sesungguhnya bisa menjadi ide bisnis yang cukup inspiratif karena banyak orang yang berusaha mencari penghasilan tambahan di tengah krisis dan inflasi saat ini. Pada umumnya peserta kursus berharap bisa menyerap ilmu semaksimal mungkin dari tempat kursus dan dengan skill yang kemudiaan dikuasainya tersebut mereka bisa segera membuka usaha sendiri atau berwiraswasta. Untuk itu penuhi keinginan peserta kursus ini dan dijamin dalam waktu singkat usaha kursus servis barang elektronik Anda akan ramai didatangi konsumen.

Potensi pasar untuk usaha kursus servis

Sesungguhnya terdapat segmentasi pasar yang lumayan bagiĀ  Anda yang berminat membuka kursus ini asalkan kompetensi yang Anda miliki sebagai ahli servis alat elektronik memang cukup mumpuni. Akan lebih baik lagi bila Anda mempunyai latar belakang akademik yang memang berkaitan dengan bidang tersebut. Bila bisnis Anda telah semakin berkembang Anda bisa merekrut tutor-tutor yang juga berkompeten dan berpengalaman.

Konsumen yang bisa dibidik pada usaha jasa ini adalah anak muda yang tak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah SMA dan ingin segera produktif mencari penghasilan, mahasiswa yang ingin bekerja sambil menuntut ilmu, atau mereka yang memang mempunyai hobby mengutak-atik alat elektronik dan ingin mempelajari cara untuk memperbaiki sendiri peralatan miliknya yang rusak.

Tips mengembangkan usaha kursus servis

Agar bisnis yang Anda rintis sukses merebut minat pengguna jasa, cobalah untuk melakukan berbagai inovasi. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Menyediakan berbagai pelayanan kursus sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian Anda bisa menyediakan layanan kursus sistem modul, jasa paket kital pos, distance learning via internet, atau pembelajaran konvensional dengan pertemuan langsung.
  • Sistem pemasaran yang tepat bisa menjadi salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis kursus servis barang elektronik, misalnya dengan melakukan promosi di internet dan sosial media. Dengan demikian konsumen yang bisa Anda raih menjadi lebih luas. Cobalah untuk membuat situs tentang usaha Anda dan isilah dengan konten-konten menarik yang relevan. Untuk usaha kursus servis alat elektronik tentu saja konten situs Anda harus berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan bidang elektronik. Bila situs Anda masuk ke dalam halaman utama mesin pencari tentu akan semakin besar peluang untuk memperoleh siswa/konsumen.
  • Berikan servis maksimal kepada konsumen Anda agar bisnis semakin berkembang, misalnya dengan fleksibilitas untuk berkonsultasi dengan sarana berbagai media (telpon, sms, bbm, live chat, dan sebagainya. Pengusaha yang bergerak dalam bidang jasa harus mengutamakan layanannya kepada konsumen.

Nah, semoga ulasan tentang usaha kursus servis di atas cukup membantu Anda dalam merintis usaha yang berkaitan dengan pembentukan sumber daya manusia ini. Jangan menyerah bila menemui hambatan dalam mengembangkan bisnis Anda dan teruslah berpikir positif. Semoga bermanfaat!