cetak foto

Mengabadikan momen-momen istimewa atau sekedar mengambil gambar diri sendiri dengan angel terbaik dapat dikatakan sebagai salah kebutuhan masyarakat sejak dahulu dan di jaman modern ini menjadi semakin marak. Hal ini karena kita sudah semakin terbantu dengan berbagai peralatan fotografi berteknologi tinggi. Dari kondisi tersebut tentu kita bisa memperkirakan bahwa merintis usaha cetak foto mempunyai peluang yang cukup bagus. Apalagi bila Anda memang mempunyai latar belakang kemampuan editing foto yang bagus. Bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha pada bidang tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui.

Segmentasi pasar usaha cetak foto

Secara umum kita tentu sudah mengetahui bahwa tanah air kita jumlah penduduknya termasuk yang paling besar dengan sekitar 240 juta jiwa. Ini tentu merupakan segmentasi pasar yang cukup bagus untuk berbagai bisnis termasuk usaha cetak foto digital. Pengusaha cetak foto bisa memperoleh laba berlipat terutama di musim-musim bulan bagus untuk diadakan pernikahan. Apalagi sekarang sudah banyak calon pengantin yang melakukan foto prewedding pra hari H. Memang sudah banyak pebisnis yang merintis usaha tersebut tetapi mengalami kegagalan bukan karena kurangnya kompetensi yang bersangkutan, melainkan minimnya pengetahuan bisnis. Inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda.

Tips mengembangkan usaha cetak foto

  1. Modifikasi produk

Sangat penting untuk menampilkan produk atau jasa yang unik untuk menarik perhatian calon konsumen terutama bila Anda adalah seorang pebisnis baru. Sebelum merintis usaha cetak foto digital sangat disarankan untuk melakukan riset serta tes pasar terlebih dahulu. Riset tersebut misalnya yang berkaitan dengan warna, jenis foto yang menjadi trend, atau yang lainnya. Hasil riset ini tentu akan memberikan ide segar dalam menciptakan produk yang berbeda dan tentunya terbaik.

  1. Promosi dengan strategi bunding

Sebagai bisnis yang belum dikenal ada strategi promosi untuk menarik perhatian konsumen yang disebut sebagai bundling. Bundling dapat dijelaskan dengan sederhana, misalnya Anda bermaksud menjual produk X dan produk Y, strategi yang bisa Anda terapkan adalah kedua produk tersebut bisa dijual secara bersamaan dengan cara paketan, atau produk Y bisa diperoleh dengan harga lebih murah bila konsumen juga membeli produk X.

  1. Membuat nama produk yang unik

Peluang usaha cetak foto digital memang cukup besar bila kita sukes menarik konsumen untuk menggunakan jasa kita. Cara termudah yang dapat kita coba adalah membuat nama produk seunik mungkin. Dengan demikian nama tersebut akan diingat oleh konsumen. Mungkin Anda pernah mendengar nama Es Pocong, Mie Setan, atau Maicih.

  1. Bergabung bersama komunitas

Salah satu trik untuk mengembangkan peluang usaha adalah menjalin kerjasama dengan komunitas yang  jumlahnya sudah sangat banyak di tanah air ini. Dengan demikian Anda bisa memanfaatkan momen-momen gathering sebagai ajang promosi seperti menawarkan voucher atau service khusus. Semakin banyak jumlah anggota komunitas ini tentu peluang untuk menyebarluaskan tentang usaha Anda juga menjadi lebih besar.

  1. Kekuatan sosial media

Dalam mengembangkan usaha, sosial media bisa menjadi alternatif bila Anda harus benar-benar mempertimbangkan budget untuk biaya iklan. Twitter, Facebook, atau Instagram sering menjadi andalan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Inilah manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari sosial media selain sebagai ajang berkomunikasi, sharing gambar atau foto, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa tips yang penting untuk Anda ketahui dalam mengembangkan usaha cetak foto. Jangan berhenti belajar dan jangan mudah berputus asa dalam merintis usaha tersebut. semoga sukses.