franchiseSaat ini semakin banyak alternatif untuk menjalankan atau merintis usaha dan salah satunya adalah bisnis franchise. Motivasi masyarakat dalam memilih bisnis waralaba ini adalah resikonya yang relatif lebih minimal dibandingkan dengan merintis usaha mandiri, adanya sistem duplikasi bisnis yang telah teruji keberhasilannya, serta merk yang telah dikenal luas oleh masyarakat sehingga pebisnis yang bersangkutan tak perlu memboroskan dana untuk biaya promosi. Memang kesuksesan tak jatuh begitu saja dari langit tetapi harus diusahakan dengan tekun, tak mudah menyerah, serta bertekad kuat.

Sekilas tentang bisnis franchise kuliner

Membuka bisnis di bidang kuliner termasuk bisnis franchise makanan adalah ide usaha yang tak pernah ada matinya karena setiap orang selalu membutuhkan makanan. Salah satu jenis usaha kuliner yang banyak terdapat saat ini adalah kuliner khas negara barat dengan modifikasi sehingga lebih cocok dengan selera masyarakat lokal, seperti misalnya burger, sandwich, pizza, taco spaghetti, dan sejenisnya. Jajanan demikian terutama mempunyai banyak penggemar di kalangan remaja karena berkaitan dengan gaya hidup atau trend.

Oleh karena itu untuk bisnis makanan ringan yang mengandalkan jenis kuliner barat demikian segmentasi pasar utama yang bisa dibidik adalah remaja dan dewasa muda. Untuk bisnis franchise burger di Indonesia saat ini sudah sangat banyak terdapat. Para pebisnis kuliner melakukan modifikasi produk makanan burger dengan segala kreativitas mereka, seperti burger tahu, burger nasi, burger rendang, burger roti hitam, dan masih banyak lagi. Bagi Anda master frachise yang berniat untuk membuat bisnis Anda lebih menggurita, ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Fokus

Bila waralaba Anda baru dirintis, fokus dan konsistenlah dengan konsep awal dan jangan gegabah mengembangkan suatu produk baru tanpa riset atau testing pasar yang cermat. Salah satu keuntungan yang juga bisa Anda peroleh dari strategi ini adalah tercapainya efisiensi dalam kebutuhan bahan baku. Penetrasi pasar juga bisa lebih cepat dilakukan bila Anda tetap berkonsentrasi pada produk semula yang telah Anda bangun dengan optimal.

  1. Mengomunikasikan merk secara optimal

Usahakan agar produk yang Anda miliki benar-benar menjadi akrab dengan masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan salah satu yang cukup jitu adalah pada kemasan produk.

  1. Menjadi franchisee yang baik

Dengan membantu mitra Anda untuk sukses, secara tidak langsung Anda juga telah mengupayakan kesuksesan Anda sendiri. Inilah sebabnya master franchise harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, semangat yang tinggi, dan pantang menyerah.

  1. Berdiskusi dengan pembeli lisensi franchise

Sebagai pemilik franchise jangan ragu untuk bertukar pikiran dengan pembeli lisensi Anda. Inilah cara yang bisa Anda tempuh untuk mengembangkan bisnis bersama-sama.

  1. Kontrol lokasi

Sebagai seorang master franchise sangat penting bagi Anda untuk mengoptimalkan pengawasan lokasi yang hendak dijadikan tempat membuka booth atau bisnis Anda. Lokasi yang strategis logikanya akan menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk Anda. Lokasi-lokasi yang merupakan pusat kegiatan remaja adalah yang paling sesuai bagi Anda, seperti sekolah, kampus, mall, atau yang lainnya.

  1. Promosi

Brosur, pamflet, spanduk, atau banner adalah cara-cara promosi umum yang bisa dilakukan untuk mempopulerkan bisnis Anda. Tetapi di jaman modern seperti sekarang ini tentu saja cara berpromosi juga telah mengalami perkembangan yang lebih modern dan praktis, misalnya dengan sosial media, website, atau blog. Dengan demikian potensi Anda untuk memperoleh pelanggan menjadi lebih luas.

Beberapa langkah tersebut semoga dapat membantu Anda yang tengah berupaya untuk mengembangkan bisnis franchise kuliner yang Anda rintis. Semoga bermanfaat!