Musim Hujan

Tak ada salahnya memiliki bisnis atau usaha sampingan untuk menambah pendapatan bulanan. Ide bisnis sampingan yang ditawarkan pun banyak sekali. Ada yang sifatnya kontinu ada juga yang sifatnya musiman. Nah, berbicara soal ide bisnis musiman, ada cukup banyak referensi ide bisnis musiman yang boleh Anda coba. Saat musim hujan tiba, misalnya, ada beberapa ide bisnis yang pastinya sangat menarik untuk Anda coba dan yang pasti prospeknya sangat menjanjikan. Apa saja kira-kira ide bisnis yang dimaksud? Berikut informasinya.

Jual Jas Hujan

Menjelang atau saat musim hujan tiba, jas hujan adalah salah satu benda primer yang wajib dimiliki oleh  baik pengendara sepeda motor maupun para pejalan kaki. Jas hujan kerap lebih sering diminati bila dibandingkan dengan payung karena dinilai lebih dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan bila dibandingkan dengan payung. Bagi para pengendara sepeda motor, jas hujan jauh lebih praktis dan aman karena tangan tak harus sibuk memegangi payung selama berkendara. Dengan alasan-alasan inilah, bisnis jual jas hujan akan jauh lebih laku. Berjualan jas hujan di pinggir jalan adalah Ide bisnis sampingan yang cukup bagus.

Jual Sepatu Boot Anti Air

Sepatu boot anti air juga dibutuhkan selama musim hujan. Meski tak sepenting payung dan jas hujan, sepatu boot tetap diperlukan khususnya oleh para pengendara sepeda motor yang tidak ingin kakinya kotor dan basah terkena cipratan air. Selain itu, sepatu boot juga sangat baik untuk keamanan selama berkendara. Umumnya sepatu boot kerap dipasangkan dengan penggunaan jas hujan sebagai perlindungan ekstra. Merupakan ide yang sangat bagus jika Anda tak hanya berjualan jas hujan, melainkan jual pelengkap jas hujan, yaitu sepatu boot anti air.

Jual Helm

Helm adalah perlengkapan wajib yang harus dipakai oleh para pengendara sepeda motor. Sayangnya tak semua pengendara sepeda motor sadar akan pentingnya helm untuk keselamatan mereka. Lain ceritanya ketika musim hujan tiba. Hujan yang turun dengan tiba-tiba terkadang menjadi sumber rejeki bagi para penjual helm yang ada di pinggir jalan karena banyak pengendara sepeda motor atau yang membonceng sepeda motor membeli helm mereka.

Jual Minuman dan Gorengan Hangat

Ide bisnis kuliner sederhana ini bisa menjadi pilihan yang tepat ketika musim hujan tiba. Cukup dirikan kios kecil di pinggir jalan untuk dijadikan lapak untuk berjualan gorengan dan minuman hangat. Jangan lupa sediakan beberapa buah kursi untuk para pembeli yang ingin menyantap gorengan lezat dan minuman hangat di tempat sembari menunggu hujan reda. Pastinya sangat nikmat. Adapun jenis minuman hangat yang pasti laris manis terjual di musim hujan antara lain susu, susu jahe, kopi, teh, wedang jahe, dan masih banyak lainnya. Gorengan yang dijual pun ada banyak jenisnya; sebut saja pisanggoreng, bakwan sayur, bakwan jagung, bakwan udang, pisang goreng, tempe kemul, mendoan, combro basah, dan lain sebagainya.

Jasa Ojek Payung

Boleh juga Anda tawarkan jasa ojek payung kepada para pejalan kaki yang terlihat tidak membawa payung saat hujan mengguyur. Jasa ojek payung biasanya menjadi pekerjaan bagi anak-anak yang ingin mempunyai tambahan penghasilan selama musim hujan. Pengguna jasa ini pun variasi, namun seringnya para karyawan-karyawati kantor di kota-kota besar. Jika Anda berminat dan memang punya waktu luang, tak ada salahnya mencoba ide bisnis ini.

Jasa Pencucian Mobil dan Sepeda Motor

Lokasi yang basah pastinya membuat bodi kendaraan menjadi kotor karena terkena cipratan air dari kendaraan-kendaraan lain. Kondisi seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa pencucian mobil dan sepeda motor bagi mereka yang membutuhkan. Memang benar dibutuhkan modal yang tak kecil, namun jika dilihat dari prospeknya, Ide bisnis sampingan penyedia jasa pencucian mobil dan sepeda motor ini memiliki peluang yang besar.