bisnis penulis lepas

Berbicara soal peluang bisnis, tentunya ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan minat dan keahlian. Salah satu contohnya adalah peluang bisnis menjadi penulis lepas untuk web, blog, atau artikel. Peluang bisnis yang satu ini termasuk dalam kategori bisnis online karena kita bisa promosikan skill menulis kita secara online, tepatnya melalui blog, website, ataupun media sosial. Lantas, apa sebenarnya penulis lepas? Di dunia online, penulis lepas memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebutnya  content writer, freelancer, pembuat artikel, dan masih banyak sebutan lainnya. Pada dasarnya sama, yaitu memproduksi artikel lalu menjualnya ke pihak lain via online. Peluang menjadi seorang penulis lepas untuk saat ini terbuka lebar. Prospeknya juga cukup menjanjikan karena kita semua tahu bahwa kini banyak pemilik blog atau website yang ada di dunia maya. Dalam sehari saja, ratusan ribu website atau blog bisa kita temukan di dunia maya.

Peluang bisnis menjadi penulis lepas juga terbuka untuk siapa saja. Tak harus mereka para lulusan sarjana sastra atau sejeninya untuk menjadi seorang penulis lepas yang hebat. Siapa saja yang memiliki hobi menulis atau terbiasa membuat artikel menarik memiliki peluang emas untuk menjadi seorang penulis lepas. Nah, agar menjadi seorang penulis lepas yang sukses, ada beberapa hal yang diperhatikan, seperti:

Kualitas Artikel

Sebuah tulisan atau artikel disebut berkualitas jika tulisan atau artikel tersebut mempunyai konten yang berkualitas. Konten berkualitas ini mencakup beberapa kriteria, seperti konten informatif atau bermanfaat. Sebuah konten disebut berkualitas jika konten tersebut memiliki tata bahasa yang baik dan benar, enak dibaca, dan efektif.

Harga Artikel

Soal harga artikel, Anda bisa menentukan sendiri. Namun akan jauh lebih baik bila harga per artikel disesuaikan dengan jumlah kata dan tingkat kesulitan kontennya. Jangan lupa juga untuk negosiasi dengan calon klien Anda. Berikut beberapa contoh tarif artikel yang  tergolong layak berdasarkan panjang konten artikel.

Artikel berbahasa Indonesia:

200 kata: Rp. 6.000

300 kata: Rp. 7000

500 kata: Rp. 9000

1000 kata: Rp. 14.000

Artikel berbahasa Inggris:

200 kata: Rp. 8.000

300 kata: Rp. 12.000

500 kata: Rp. 18.000

1000 kata: Rp. 25.000

Artikel berbahasa Inggris memang umumnya jauh lebih mahal bila dilihat dari harga karena lebih sulit untuk dibuat.

Cara Jual Artikel

Memang benar ada banyak cara menjual artikel via online. Ada yang lebih suka memproduksi artikel terlebih dahulu baru kemudian menjualnya. Ada juga yang mencari klien terlebih dahulu, baru setelah mendapat pesanan artikel dari klien, artikel akan segera dibuat. Tiap klien juga pastinya menginginkan topik atau niche yang berbeda. Sebut saja niche tentang binsis, ekonomi, teknologi, kesehatan, kecantikan, medis, fashion, hiburan, dan lain sebagainya. Cukup banyak penulis lepas yang menjual artikelnya secara pribadi dan langsung ke klien atau langsung dipublikasikan di blog atau web pribadinya. Namun ada juga penulis lepas yang bekerjasama dengan penyedia jasa pembuat artikel. Pastikan website atau perusahan penyedia jasa pembuat artikel yang Anda pilih adalah perusahaan besar yang memiliki banyak klien.

Utamakan Kualitas Layanan untuk Klien

Klien atau konsumen adalah raja. Pastikan bahwa Anda siap berikan layanan terbaik dan berkualitas untuk klien Anda. pastikan juga bahwa Anda hanya memesan pesanan artikel yang Anda kuasai dan mampu Anda kerjakan.

Dengan mengutamakan beberapa hal di atas, peluang bisnis menjadi penulis lepas yang sukses pastinya akan segera terealisasi. Bukan begitu?