Inilah beberapa cara mengembangkan UKM di Google yang bisa anda lakukan

Google memang sangat membantu banyak orang dalam pencarian segala informasi, baik informasi mengenai kesehatan, pendidikan, bisnis, teknologi, bahkan semua informasi bisa ditemukan di Google. Itulah yang membuat Google sangat popular di dunia. Hampir semua orang mengenal dan menggunakannya dalam aktivitas keseharian, terutama untuk aktivitas online.

Nah, salah satu manfaat luar biasa dari Google ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis UKM menjadi lebih besar. Jika rating pencarian di Google akan suatu bisnis semakin banyak maka akan ada banyak peluang juga bisnis tersebut diketahui banyak konsumenw yang nantinya akan membuka link tersebut, melihat dan melakukan transaksi.

Bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis UKM, maka anda bisa memanfaatkan Google untuk membuat bisnis anda menjadi lebih besar. Anda bisa berkesempatan mendapatkan konsumen lebih banyak dari berbagai tempat sekalipun konsumen yang berada ditempat jauh karena penggunaan Google sebagai media penjualan dan promosi. Inilah beberapa cara mengembangkan UKM di Google yang bisa anda lakukan:

  1. Tambahkan informasi mengenai rating penjualan untuk setiap produk Hal ini bertujuan untuk meningkatkan user experience, sehingga para konsumen lebih yakin dan percaya untuk membeli produk anda. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak orang yang telah membeli produk anda yang menandakan bahwa produk anda memang terpercaya dan berkualitas. Selain itu cara ini juga akan disukai mesin pencarian di Google sehingga selalu muncur dibagian atas dengan kata kunci yang sesuai.
  1. Tambahkan gambar dan video tentang produk
    Untuk mengembangkan UKM di Google anda harus menambahkan gambar atau video mengenai produk anda. Dengan gambar dan video maka para konsumen akan lebih tertarik dengan produk anda karena bisa melihat gambaran barang yang jelas. Pastikan anda menggunakan kata kunci dan caption gambar yang bisa mendeskripsikan produk anda.
  1. Gunakan bahasa yang deskripstif dan jelas untuk setiap produk
    Ketika akan melakukan transaksi pasti konsumen ingin mengatahui tentang spesifikasi produk anda. Pastikan anda menulis deskripsi tentang produk yang anda jual. Misal jika anda menjual pakaian, maka tuliskan bahan pakaian tersebut, ukuran, warna, motif, panjang, harga dan kelebihannya sehingga konsumen lebih yakin untuk membelinya.
  1. Buatkah kata kunci yang sekiranya banyak digunakan orang
    Dalam membuat kata kunci tidak perlu berbelit-belit, cukup simpel namun sesuai sasaran. Misal saja, jika anda menjual produk pakaian, maka gunakan kata kunci “pakaian modern” atau pakaian murah berkualitas”. Kata kunci tersebut sering digunakan para pengunjung Google dalam mencari pakaikan yang diinginkan. Sesuaikan penggunaan kata kunci dengan jenis produk yang anda jual.
  1. Lengkapi kata kunci dengan lokasi UKM
    Untuk mengembangkan UKM di Google lengkapi kata kunci dengan lokasi UKM anda, misal saja, membuat kata kunci “pakaian modern Tangerang”. Dengan begitu ketika seseorang sedang mencari pakaian di daerah Tangerang maka link anda akan muncul disana yang nantinya akan diklik dan dibuka para pengunjung.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan UKM di Google. Sudah banyak para pengusaha yang menggunakan Google sebagai media penjualan dan promosi. Dengan cara-cara tersebut maka bisnis UKM anda akan lebih diketahui banyak orang dan akan ada banyak konsumen juga yang akan membeli produk anda.

Google memang menjadi tempat yang baik untuk mempromosikan dan menjual produk anda, dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Semakin giat anda melakukan usaha pengembangan UKM anda, termasuk melalui Google maka bisnis anda akan berkembang dengan pesat seperti halnya usaha-usaha yang telah berkembang sebelumnya.