Tingkat-01Menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah mimpi bagi semua orang. Dengar kata “entrepreneur” pasti Anda berfikiriran tentang dunia bisnis, tantangan bisnis, resiko bisnis dan untung serta rugi dalam berbisnis. Kebebasan waktu bagi sebagian orang dalam bekerja adalah prioritas yang diutamakan. Walaupun masih jauh sebuah kesuksesan, namun sebagai entrepreneur mampu membuat mereka nyaman dalam menjalaninya.

Entrepreneur adalah seorang yang membawa perubahan, ide baru dan aturan baru atau bisa diartikan sebagai seorang yang membawa sumber daya tenaga kerja serta asset yang lainnya dalam satu kombinasi yang menciptakan perubahan dalam segi keuntungan. Sedang entrepreneurial adalah kegiatan mengelola usaha.

Seseorang disebut entrepreneur memiliki tingkatan-tingkatan atau level untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Ada teori yang dikemukakan maestro dunia bisnis terkenal yakni Robert T Kiyosaki dalam buku karangannya berjudul Rich dan Poor Dad. Robert T Kiyosaki membuat pendapat bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur sesungguhnya ada tingkatan-tingkatan yang harus dilalui pada diri seorang.

Level atau Tingkatan Seorang Entrepreneur Menurut Maestro Bisnis Robert T Kiyosaki

Entrepreneur sukses itu yakni seorang yang berhasil mencapai kebebasan Finansial serta memiliki banyak Passive Income. Dengan mengacu pada teori Cashflow Kuadran Robert T Kiyosaki, ada bebrapa tahapan-tahapan yang ada pada diri seseorang untuk bisa menjadi seorang entrepreneur yang sesungguhnya. Dalam hal ini juga dibahas tentang tingkat-tingkat entrepreneur secara signifikan dan jelas. Berikut tingkatan-tingkatan yang Anda perlu ketahui:

  1. Levels zero ( 0 )

Tingkat pertama adalah tingkatan 0 (zero) atau yang disebut seorang pengangguran. Dalam tingkatan pertama atau 0 ini dimana seseorang memiliki usaha sendiri namun hanya cukup untuk biaya makan dan kebutuhan harian. Di tingkatan pertama ini hanya memiliki resiko bisnis dan potensi yang sama minimnya. Mungkin diantara kita banyak yang masih disebut pengangguran karena masih berada pada level 0 ini. yang harus dilakukan adalah kita harus maju menuju level yang lebih tinggi lagi.

  1. Levels 1 ( one )

Tingkatan satu ini adalah para pekerja, pekerja disini bukan karyawan pada umumnya. Tapi seperti para pekerja lepas yang memiliki usaha sendiri dan bertanggung jawab pada pekerjaannya layaknya memiliki seorang atasan dan memiliki ketergantungan dari pihak lain. Tapi memiliki pendapatan yang cukup untuk kebutuhan hidup dan menabung dan masih jauh dari kata seorang entrepreneur.

  1. Levels 2 ( two )

Pada tingkatan ini seseorang sudah mulai membentuk jiwa seorang entrepreneur. Usaha yang dikelolanya sudah sangat layak disebut dengan bisnis dari kualitas dan penghasilan yang didapatnya. Ciri-ciri yang muncul adalah memiliki tujuan kuat dan analisis serta gagasan yang baik dalam mengelola usahanya menjadi lebih maju dan berkembang.

  1. Levels 3 ( three )

Ketika seseorang sudah mencapai tingkatan ini sangat layak disebut sebagai pebisnis atau pengusaha. Mereka pada tingkatan ini berada pada sebuah sistem bisnis yang sudah terorganisir dan tertata. Dalam tingkatan ini seseorang sudah memimpin sebuah usaha yang kompleks lebih dari satu. Dan menjadi seseorang yang membawahi orang lain untuk menjadi sebuah pemimpin usaha yang besar.

  1. Levels 4 ( four )

Pada dasar dari tingkatan terakhir ini bisa disebut seorang Entrepreneur sesungguhnya. Dalam tingkat ini seorang yang memiliki ketajaman intuisi bisnis dan berani dalam mengambil peluang usaha dalam bentuk investasi dengan resiko yang sangat tinggi. Dengan berada pada level ini seorang tidak perlu bekerja keras menggunakan tenaga, hanya membiarkan uang yang bekerja dan terus berkembang. Disini adalah dimana tingkat terakhir ini memberikan freedom financial yang bisa dirasakan.

Dengan tingkatan- tingkatan tersebut Anda bisa melihat sejauh mana Anda mencapai kesuksesan dalam peluang usaha dan berbisnis. Dengan tingkatan yang semakin tinggi Anda akan mendapatkan kebebasan financial dan tercukupi semua kebutuhan yang diinginkan. Untuk itu, kita harus berusaha lebih keras dan terus mengembangkan diri dengan inovasi-inovasi terbaru serta dapat menaikkan level jiwa entrepreneur kita. Semangat dan teruslah berusaha demi menjadi seorang entrepreneur.