brandingBisnis masih menjamur dimana-mana, jenisnya pun juga beragam mulai dari bisnis pakaian, makanan, jasa dan lain-lain. Salah satu bisnis yang banyak digemari oleh masyarakat adalah bisnis makanan ringan, karena selain simple juga tidak membutuhkan banyak modal. Dalam membuat bisnis makanan ringan, tentunya ada beberapa hal yang sangat penting dan mempengaruhi keberhasilan bisnis tersebut. salah satu hal penting tersebut adalah branding.

Branding bisnis makanan memang sangat penting karena bisa menjadi identitas produk Anda. maka dari itu dalam membuat brand harus benar-benar kreatif dan mempperhatikan beberapa hal penting guna menciptakan brand yang berkualitas. berikut ini adalah 4 cara cerdas dalam membuat brand untuk bisnis makanan ringan.

Cara cerdas yang pertama adalah membuat brand yang simple dan mudah diingat. membuat brand tidak harus berbelit-belit karena justru akan nampah aneh dan tidak meyakinkan. Gunakan saja brand yang simple namun tetap elegan dan berkualitas sehingga para konsumen bisa dengan mudah mengingatnya. Misal saja anda memberikan brend dengan satu atau dua kata yang menggambarkan produk makanan tersebut seperti dark chocolate, crispy potato, sweet candy dan lain-lain.

Cara cerdas membuat Branding bisnis makanan yang kedua adalah membuat brand yang mengandung filosofi. membuat brand tidak bisa asal mengambil logo atau kata saja melainkan semua itu harus mengandung arti dan filosofi yang dalam. jika brand tersebut mengandung filosofi maka sama artinya brand tersebut mengandung do’a dari tujuan sang pemilik juga menjadi arah dan pedoman produk tersebut.

Brand yang mengandung filosofi membuat sebuah produk tersebut memiliki cirri khas tersendiri dan lebih terpercaya karena dibuat dengan penuh perjuangan dan harapan yang digambarkan dalam filosofi yang digunakan.

Cara cerdas yang ketiga adalah menyesuaikan dengan target pasarnya. Dalam pemilihan brand, Anda harus menyesuaikan dengan target konsumennya, apakah untuk anak-anak atau orang dewasa. jika ditujuakn untuk anak-anak, maka brand harus dibuat dengan desain menarik dan lucu yang memungkinkan membuat anak-anak tertarik untuk membelinya.

Sedangkan untuk target orang dewasa lebih menekankan pada logo yang digunakan yang bisa mewakili apa sebenarnya produk yang dipasarkan tersebut. hal ini tentunya karena anak-anak tidak akan mengerti tentang barand yang bagus atau tidak, yang terpenting dari mereka adalah melihat gambar dan nama yang menarik. Sedangkan untuk orang dewasa lebih detail dalam melihat brand, yaitu dengan melihat dari segi nama, logo, desain dan filosofi brand untuk menentukan apakan produk tersebut berkualitas atau tidak.

Cara cerdas membuat Branding bisnis makanan keempat adalah membuat brad yang unik. Untuk membuat produk anda dicari banyak konsumen, anda harus berinovasi dalam membuat brand, yaitu dengan membuat brand yang unik yang tidak ada diproduk lain. terkadang brand yang unik mengundang rasa penasaran orang untuk merasakan dan untuk mengetahui rasa makanan yang sebenarnya. Misal saja, Anda membuat brand keripik setan dengan gambar cabe yang banyak, maka konsumen akan berfikir bahwa keripik tersebut benar-benar pedas dan membuatnya penasaran utnuk mencobanya. brand-brand semacam itu bisa mengundang minat orang untuk membelinya dan memudahkan mereka untuk mengingatnya.

Itulah beberapa cara cerdas membuat Branding bisnis makanan yang tepat. Dengan begitu  bisnis makanan Anda menjadi lebih laku dipasaran. Brand memang sangat penting dalam bisnis, terutama bisnis makanan yang mengharuskan brand dibuat semenarik mungkin sehingga kosnumen tertarik untuk membelinya.