Print

Apabila Anda percaya dengan istilah setiap orang bisa menjadi sukses, maka hal tersebut memang benar. Terbukti bahwa banyak anak muda yang lebih memilih untuk menjadi enterpreneur yang sukses dengan jenis usaha kecil yang dikembangkannya walaupun dengan modal pas-pasan. Banyak jenis bisnis yang bisa dipilih berdasarkan dari ide, minat, hobi ataupun kemampuan seseorang sehingga bisa menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

Cara Menjadi Enterpreneur Muda dan Berbakat

Terdapat banyak sekali cara untuk menjadi seorang pengusaha di usia dini sehingga bisa memberikan banyak kesempatan berupa lapangan pekerjaan untuk orang lain yaitu:

Menentukan produk

Langkah awal untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah menentukan jenis usaha atau produk yang akan digunakan sebagai lahan bisnis beserta dnegan riset untuk mengetahui kualitas serta kelayakan dari sebuah produk untuk masyarakat. Produk tidak selamanya harus berbentuk sebuah barang jadi atau olahan, namun bisa berupa jasa yang digunakan untuk membantu masyarakat penggunannya. Umumnya sebelum memilih sebuah produk atau jasa yang akan dijual, pengusaha akan melakukan riset atau survey kecil untuk mengetahui minat konsumen serta tingkat persaingan dengan bisnis serupa lainnya. Dari riset yang dilakukan, maka seseorang bisa menganlisa tentang prospek serta peluang usaha yang akan dibuat.

Mencari tahu target konsumen

Seorang enterpreneur muda yang sukses tidak hanya bisa memilih produk yang tepat namun juga bisa menganalisa dengan baik siapakah yang akan menjadi target pasar dari produk atau jasa milik Anda. Target pasar dibedakan menjadi empat kategori atau yang lebih dikenal dengan segmentasi pasar yaitu target produk, lokasi, demografi, serta psikografi. Sebagai contoh untuk target produk adalah anak muda atau remaja. Maka target lokasi sudah pasti kota besar yang ada di Indonesia. Bila produk yang dijual bernilai tinggi, maka target demografi adalah kalangan masyarakat menengah ke atas dengan target psikografi adalah anak muda yang sangat aktif menggunakan media sosial. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda bisa lebih mudah menentukan cara promosi dari produk yang Anda jual sehingga penjualan dan profit meningkat dengan pesat.

Memilih media promosi yang sangat efektif

Cara menjadi enterpreneur yang lainnya adalah memilih jenis media promosi yang menarik dan juga bermanfaat dalam mendatangkan minta konsumen. Ada banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan baik melalui media cetak, intermet, media digital seperti TV atau radio. Namun hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa tidak semua jenis media promosi bisa memberikan manfaat dalam hal peningkatan penjualan. Untuk bisa menentukan jenis media promosi yang tepat, maka Anda harus mengetahui lagi target pasar Anda. Bila target pasar adalah anak muda, maka gunakan media sosial dan internet sebagai alat pemasaran, bila target Anda adalah orang dewasa yang tidak terlalu paham dengan internet, maka media cetak serta media digital merupakan sarana yang tepat.

Menggunakan strategi promosi yang sangat kreatif

Untuk bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah yang besar, maka strategi promosi yang tepat juga harus dilakukan. Terdapat beberapa cara untuk bisa menarik minat konsumen terhadap produk dan jasa yang Anda jual seperti memperoleh kepercayaan dari masyarakat, memberikan harga terjangkau di awal pembukaan, berikan potongan harga untuk pembelian lebih dari satu, menyarankan produk yang lainnya pada konsumen serta jangan melupakan pelayanan after sales sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan.

Semoga beberapa tips untuk menajdi enterpreneur bisa Anda aplikasikan sehingga bisnis serta usaha yang Anda jalankan bisa menjadi lebih sukses dari sebelumnya.